IBADAH PENGUTUSAN

DSCN0640

“Ucap syukur pada-Mu
Atas kasih setia-Mu
Tuhanlah menghantar hambamu ini
tunaikan tugas panggilan-Mu
Dan saatnya melangkah
Tuhan beserta bersama slalu
disetiap langkah hidupnya”

Satu persembahan pujian dari Pelkat PKB untuk menghantar Pdt. Roslyn Manopo, S.Th ditempat pelayanan yang baru (KMJ GPIB Griya Mulya Purworejo) yang dipujikan dalam ibadah pelepasan, selasa 6 Agustus 2013 di GPIB “EFATA” Tenggarong Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Ibadah dipimpin oleh Pdt.Yorinawa Salawangi,S.Th (KMJ GPIB “EFATA” Tenggarong) dari Kejadian 13:14-17 mengatakan, Perpisahan Lot dan Abraham, Lot memilih tanah yang subur, sementara Abraham mendapatkan tanah yang gersang. Pdt.Yorinawa Salawangi,S.Th mengatakan bahwa bukan Majelis Sinode yang menempatkan Pdt.Roslyn Manopo,S.Th ditempat pelayanan yang baru tapi Allah lah yang menempatkannya. Tanah gersang kalau dikelola dengan dengan tekun akan menjadi tanah yang menjanjikan, berkat Allah ada dimana saja, baik tanah subur maupun ditanah gersang.

Seluruh warga jemaat hadir dalam ibadah pelepasan Pdt. Roslyn Manopo,S.Th dan Sdri.theresia Ester Sinaga (mahasiswi praktek sekolah Theologi). Dari masing-masing Pelkat dan sektor mempersembahkan pujian perpisahan sebagai penghantar dalam menjalankan tugas pelayanan ditempat yang baru.

11 September 2007 yang lalu Pdt.Roslyn Manopo,S.Th diteguhkan dan ditempatkan di GPIB “EFATA” Tenggarong Pospelkes “GLORIA” Maluhu. Selama 1 tahun melayani disana dan kemudian dipindahkan lagi ke Pospelkes “HOSANA” Loa Ulung. Selama 4 tahun melayani disana atau kurang lebih selama 5 tahun 11 bulan melayani di GPIB “EFATA” Tenggarong, ujar Pdt.Roslyn Manopo,S.Th sambil menangis dan suara tersendat-sendat menjelaskan. Beliau juga mengatakan selama dalam melayani di EFATA banyak hal yang saya dapatkan dan pelajari dari warga jemaat berbagai etnis suku. Juga dikatakan bahwa jangan pernah melihat prestasi jemaatnya ketika ditempatkan, tapi melihat penempatan Tuhan yang mengutus kita, Tuhan tidak pernah meninggalkan kita dimanapun kita berada. Doakan saya ditempat yang baru. Saya sekarang menjadi KMJ ditempat baru yang tentunya tugas ini akan semakin berat.

Saya mohon maaf kalau ada perilaku saya yang kurang memuaskan. Ini bukanlah perpisahan selamanya karena kita masih dalam lingkup GPIB dan kita masih bisa berjumpa lagi, kata Pdt.Roslyn Manopo,S.Th. Juga dikatakan, dalam pelayanan bukan menyenangkan manusia tapi menyenangkan Tuhan, tetap membangun persekutuan.

Dalam sambutannya, Markus Pabato (mewakili warga jemaat) mengatakan, terima kasih selama kurang lebih 6 tahun berada di “EFATA” Tenggarong, kami mohon maaf kalau ada tutur kata yang salah, selamat bertugas ditempat yang baru, Tuhan memberkati. Sementera Dk.yosp Limbo Kalo (Majelis Jemaat) mengatakan, kecintaan Pdt.Roslyn Manopo,S.Th masih melekat di Efata, itu dinyatakan, beliau tidak akan pindah kalau SK penempatan belum dikeluarkan. Perbedaan budaya ditempat yang baru sangat berbeda dengan di Efata Tenggarong, harapan kami Pdt.Roslyn Manopo,S.Th tetap melayani dengan suka cita, dan kepada Sdri.Theresia Ester Sinaga agar semakin mempertajam ilmunya.

Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga jemaat yang telah menerima saya dalam berpelayanan selama 2 bulan, terima kasih khusus kepada Pdt.Yorinawa Salawangi,S.Th atas teguran dan nasehatnya yang dapat membangun saya, dan dapat bersikap dewasa, belajar menempatkan diri, belajar menghargai orang lain dan masih banyak lagi yang saya dapat di Efata ini. Saya mengharapkan doa dari bapak/Ibu sekalian dalam pendidikan saya.

Di akhir acara beberapa Pelkat dan Sektor memberikan tali kasih kepada Pdt.Roslyn Manopo,S.Th dan Sdri.Theresia Ester Sinaga, dan juga tali kasih dan sekaligus dana apresiasi dari Majelis Jemaat GPIB “EFATA” Tenggarong.

Selamat melayani ditempat baru Pdt.Roslyn Manopo,S.Th sebagai KMJ GPIB Griya Mulya Purworejo dan sukses dalam pendidikan Sdri.Theresia Ester Sinaga.

Tuhan Yesus Kristus memberkati kita semua.

www.tuanisianipar.blogspot.com / www.pariwisatakukar.wordpress.com





 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s