IBADAH PERALIHAN SIDI BARU

PERALIHAN merupakan langkah menuju kedewasaan, dewasa dalam segala hal, dewasa iman, dewasa perilaku, dewasa pengetahuan, dll. Apakah peralihan ditetapkan oleh Tuhan atau manusia? Peralihan bukan semata-mata direncanakan oleh Tuhan tapi juga diatur oleh gereja. Salah satu program kerja yang sudah diatur oleh gereja adalah Ibadah Peralihan Anggota Persekutuan Teruna (APT) ke Anggota Gerakan Pemuda (AGP) yang dilaksanakan pada Selasa 17 Mei 2011 pukul 13.00 wita bertempat di lokasi pemancingan obyek wisata Loa Kulu. Seluruh APT beserta pelayannya dan AGP beserta pengurusnya hadir dalam acara peralihan ini, juga turut hadir Pdt.Yorinawa Salawangi,S.Th beserta Istri, Pnt.Mina Jurai Trick Briani (Ketua III PHMJ).

Pdt.Yorinawa Salawangi,S.Th (KMJ Efata Tenggarong) memimpin ibadah peralihan APT ke AGP sebagai awal rangkaian kegiatan peralihan. Firman Tuhan terambil dari Roma 14:12: Setiap manusia memberi pertanggungjawab kepada Allah, Pelkat merupakan sebagai wadah pembinaan, peralihan merupakan tahap pembinaan secara teratur sesuai dengan jenjang usia mulai dari ASM, APT, AGP. Pdt.Yorinawa Salawangi,S.Th juga menjelaskan bahwa apa nanti yang akan diperbuat setelah dialihkan ke AGP, usia pemuda adalah usia dewasa, dituntut sikap bertanggung jawab.

Setelah ibadah, kemudian dilanjutkan acara seremony :”lempar air dalam kantong plastik”. Para Sidi Baru (16 orang) berangkul-rangkulan bersama-sama membentuk lingkaran dimana salah satu sidi baru berada ditengah-tengah dan memegang lilin yang menandakan semangat bergereja yang menyala-nyala. Sidi baru yang melingkar itu berjalan dari satu titik awal ke titik berikutnya (yaitu titik akhir yang sudah ditentukan oleh panitia) dengan menjaga agar lilin tetap menyala dan tidak boleh padam dan harus selalu dijaga bersama-sama sebagai satu gereja yang utuh. Dalam perjalanan dari titik awal ke titik akhir para sidi baru tersebut dilempari kantong plastik yang berisi air bersih yang menandakan perumpamaan tantangan-tantangan dan hambatan-hambatan yang akan dihadapi oleh para sidi baru dimasa yang akan datang. Kantong plastik berisi air menghujani mereka dan ketika mau sampai di titik akhir akhirnya lilin itu padam juga.

Permainan ini sangat seru dan menyenangkan dirasakan oleh sidi baru dan seluruh peserta APT+AGP, bukan hanya kantong plastik berisi air yang dilempari tapi juga air langsung disiramkan dari ember yang ada dilokasi permainan.

Kemudian dilanjutkan acara peralihan dari pengurus Pelkat PT ke pengurus Pelkat GP, yang sebelumnya penandatanganan berita acara peralihan oleh masing-masing pengurus dan diketahui oleh Pnt.Mina Jurai Trik Briani (Ketua III) dan disaksikan oleh Pdt.Yorinawa Salawangi,S.Th. Prosesi penyerahan anggota sidi baru diawali dari pengurus Pelkat PT ke Ketua III kemudian diterima pengurus Pelkat GP. Setelah penyerahan anggota sidi baru, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Desy Puspita Sari Gurning (sidi baru) dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada awalnya dalam mengikuti ibadah GP nanti akan diliputi rasa takut dan malu karena baru pertama kali, kami merasa sedih karena telah berpisah dari teruna, kami mohon maaf kalau ada kesalahan yang kami perbuat selama di teruna, dan kepada anggota pemuda kami perlu bimbingan dari kakak-kakak pemuda sekalian. Sementara Pnt.Mina Jurai Trik Briani (ketua III) menyampaikan, acara peralihan ini terlaksana secara bertahap dan berjenjang, di GPIB peralihan merupakan kegiatan yang baik dan terprogram, berjenjang dalam pembentukan iman mulai dari ASM-APT-AGP. Anggota sidi baru harus bersikap dewasa kalau sudah masuk ke AGP dan jadilah GP yang bertanggung jawab, dan bagi adek-adek teruna tetap aktif/eksis di ibadah teruna.

Sebelum kemudian dilanjutkan acara game, terlebih dahulu diawali dengan ramah tamah. Permainan dipimpin oleh GP dan seluruh kegiatan berakhir pukul 16.30 wita.

Daftar anggota Sidi Bari:
1. Baskara Angga Mangiwa
2. Bayu Saputra
3. Debora Siahaan
4. Desi Puspita Sari Gurning
5. Erliyanti Tirsa Sitorus
6. Exsha Tri Wuri Handayani
7. Febri Manurung
8. Ona Entamoi
9. Imelda Dearni Saragi
10.Michilia Kristi Anton
11.Reslydie Angelin Massora
12.Ricky Saputra
13.Wewen Pardede
14.Asni Patendean
15.Memet Chrisie
16.Dewi
TUHAN YESUS KRISTUS MEMBERKATI.
http://www.tuanisianipar.blogspot.com
http://www.pariwisatakukar.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s