Pospelkes “HOSANA” Loa Ulung

Situasi terakhir pembangunan gereja HOSANA Loa Ulung.Jemaat GPIB Efata Tenggarong Pospelkes Hosana Loa Ulung terdiri dari 99 KK (431 jiwa). Aktifitas jemaatnya sebagian besar kepala rumah tangga bekerja ditambang batubara dan ibu-ibunya bekerja di ladang. Gedung gereja pada awalnya berdiri di lokasi tambang,

tapi karena konisi tanah yang tidak stabil dan dibawahnya ada terowongan bekas tambang dalam, dan kemudian berakibat retaknya kondisi tanah dilokasi gereja dan rumah-rumah jemaat yang ada disekitar gereja.

Kemudian penduduk dan gedung gereja dipindahkan ke lokasi baru, dan pembangunan gerejapun dimulai dari awal. Peletakan batu pertama pembangunannya dimulai sejak 23 Mei 2010 oleh Pdt.Yorinawa Salawangi,S.Th dan Pdt.Roslyn Manopo,S.Th.

Berita terakhir yang diperoleh bahwa perusahaan tambang tempat kerja jemaat tersebut sudah ditutup. Akibatnya banyak jemaat yang pindah untuk mencari pekerjaan dan sebagian ada yang pulang kampung. diperkirakan sekitar 50% jemaat masih bertahan sambil menunggu ada pekerjaan baru. Menurut salah seorang majelis setempat memperkirakan beberapa tahun kedepan jemaat hosana Loa ulng akan kosong.

Akibat dari situasi tersebut maka pembangunan gereja untuk sementara dihentikan.

http://www.tuanisianipar.blogspot.com/ http://www.pariwisatakukar.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s